Diriku Apa Adanya

Foto saya
Indonesia
Only new-born human to develop potencies optimum 100% and to give multi-purposes internationally

Sabtu, Maret 29, 2008

Mewaspadai Kamera Tersembunyi..!

Dari wrm-indonesia.org

Kamera tersembunyi ini telah semakin meresahkan. Kamera tersembunyi ini bisa saja disembunyikan dibawah mesin ATM. Berbagai macam cara yang dilakukan oleh orang-orang seperti ini, sehingga membuat kita harus ekstra hati-hati bepergian ke tempat umum seperti ganti baju dan buang air kecil di toilet. Periksa kalau-kalau ada lubang kecil yang mencurigakan.

Begitu pula kalau menginap di hotel, biasanya kamar tidur dan kamar mandinya suka ada yang dipasangi kamera oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Makanya periksa segala sudut kamar tidur atau toilet hingga anda benar-benar yakin 'aman'.

Masalah kamera tersembunyi atau "Peeping Tom" ini sudah banyak terjadi di berbagai negara. Ada yang tempat tinggalnya dipasangi kamera tersembunyi oleh induk semangnya, lalu diam-diam disebarkan melalui internet. Ada yang menemukan kamera kecil di WC umum, tersembunyi di lubang drainase malah ada juga yg disembunyikan di bawah dudukan toilet!

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun kejadian seperti itu semakin banyak. Beberapa waktu yang lalu terjadi kasus menghebohkan yang menimpa beberapa selebriti Indonesia, yang menjadi korban "intip-mengintip" ini. Tanpa mereka sadari kegiatan mereka selama berada di dalam ruang ganti sebuah studio ternyata direkam secara diam-diam oleh sebuah kamera yang tersembunyi di balik cermin.

Tips untuk mengecek cermin itu satu arah atau dua arah adalah: dengan menempelkan ujung jari ke cermin. Kalau cermin biasa, antara jari dengan bayangannya akan tampak ada jarak sekitar 4 - 5 mm. Kalau cermin 2 arah, tidak ada jarak antara jari dengan bayangan.

Dengan teknologi pengintaian yang semakin canggih, bukan tidak mungkin alat-alat intai seperti kamera nirkabel mini yang mudah disembunyikan ini disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mewaspadainya, berikut beberapa tips dari Candice deLong seorang mantan agen FBI:
*Di tempat-tempat keramaian seperti mal, pantai, taman atau gym, waspadai keberadaan kamera portabel, yang sering disembunyikan dalam tas sport.
*Beberapa kamera portabel memiliki lensa yang cukup kecil sehingga dapat disembunyikan dalam topi, bingkai kacamata, kancing baju dan bolpen
*Cameraphone sering digunakan untuk mengambil gambar wanita yang sedang berganti baju. Target utamanya biasanya di gym.
*Seringkali si pelaku memilih lokasi tertentu seperti misalnya ruang ganti atau kamar mandi, menyembunyikan kamera di tempat strategis, dan menunggu sang korban datang.
*Hotel, ruang ganti, dan kamar mandi adalah tempat yang paling umum disusupi kamera tersembunyi.
*Tempat yang perlu diwaspadai adalah di langit-langit atas toilet dan tempat tidur. Dalam beberapa kasus si induk semangnya sendiri yang memasang kamera tersebut dan menyebarkan rekaman videonya di internet.
*Kamera juga bisa disamarkan menjadi alat-alat rumah tangga seperti jam radio, detektor asap, pigura, lampu, kotak tissue, bahkan boneka. Coba periksa alat-alat rumah tangga tersebut, berfungsi atau tidak. Sebuah kamera yang disamarkan menjadi jam radio, misalnya, radionya tidak akan menyala/memainkan musik.
*Jika anda khawatir dengan privasi anda di kamar tidur atau kamar mandi, periksa semua benda dan waspadai adanya bukaan atau lubang kecil, siapa tahu ada lensa kamera di sana. *Jika anda curiga seseorang merekam kegiatan pribadi anda dengan kamera tersembunyi, segera laporkan kepada pihak berwajib.
*Sebagai tambahan, di Amerika telah dipasarkan spycamera detector, yang fungsinya untuk mendeteksi gelombang mikro dari kamera-kamera nirkabel tersembunyi. Alat yang berukuran sebesar lipstik tersebut bisa mendeteksi keberadaan kamera dari jarak 70 cm.

Dengan semakin maraknya kejadian seperti ini, ada baiknya kita lebih berhati-hati dan waspada memperhatikan sekeliling kita. Jangan sampai kita menjadi korban.

Bagaimana dengan Anda?


1 komentar:

Spy camera mengatakan...

Mewaspadai kamera tersembunyi memang ada baiknya. Jangan sampai hal itu merugikan kita. Memang adanya kamera tersembunyi seperti 2 sisi mata uang yang berbeda. Akan banyak manfaatnya jika berada di orang yang benar, akan merugikan jika berada di tangan orang yang salah.